Kandungan Madu Yang Bagus Untuk Kesehatan

By | Juni 23, 2018

Kandungan MaduMadu merupakan cairan manis dan kental yang dihasilkan oleh lebah dari hasil menghisap nektar dari berbagai macam bunga.Rasa manis pada madu disebabkan oleh kandungan madu yang terdiri dari monosakarida, fruktosa dan glukosa yang merupakan unsur-unsur pembentuk rasa manis yang ada pada gula.

Sehingga rasa manis madu hampir sama dengan gula bahkan dapar digunakan sebagai salah satu penggganti gula sebagai pemanis makanan.

Meskipun cairan manis dari lebah ini mempunyai rasa yang sama dengan gula namun memiliki kandungan gizi yang lebih banyak bila dibandingkan dengan gula. Nah, salah satu produk HWI yang kami miliki yang mempunyai kandungan madu didalamnya adalah produk Nes V HWI. Produk ini banyak dicari oleh banyak orang, khususnya untuk wanita karena manfaat produk ini memang khusus untuk wanita. Untuk harga nes v yang asli berkisar antara 250 s/d 300ribuan.

Kandungan gizi yang dimiliki oleh madu mempunyai banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan. Mulai dari menyembuhkan luka hingga mengurangi resiko stroke. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, madu juga dikenal baik untuk menghaluskan dan melembabkan kulit yang kering. Sehingga banyak produk kecantikan yang diperuntukkan bagi para wanita yang menggunakan madu sebagai bahan bakunya.

Komposisi Kandungan Madu

Kandungan madu secara umum adalah sebagai berikut:

  • Fruktosa sebesar 38,2%
  • Glukosa sebesar 31,3%
  • Maltosa sebesar 7,1%
  • Sukrosa sebesar 1,3%
  • Air sebesar 17,2%
  • Gula sebesar 1,5%
  • Abu sebesar 0,2%
  • Dan berbagai kandungan lain dalam madu sebesar 3,2%

Madu dikenal dengan cairan manis yang kental. Setelah dilakukan penelitian, tingkat kekentalan madu sendiri lebih kental bila dibandingkan dengan air. Kekentalan madu sekitar 1,36 kilogram per liter. Ini artinya madu lebih kental sebesar 36% bila dibanding air.

Selain itu komposisi spesifik dari madu biasanya juga berbeda-beda bergantung dari lingkungan tempat dimana sarang lebah di panen atau bunga di sekitar sarang lebah. Meskipun mempunyai beberapa komposisi yang berbeda, madu tetap berkhasiatbagi kesehatan seperti antioksidan, anti bakteri dan anti radang.

Kandungan madu yang berisi aneka zat gizi seperti karbohidrat, protein, asam aminoa, vitamin, dan mineral. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, madu mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan produk hasil ternak seperti telur, susu, keju dan mentega.Madu biasanya mempunyai warna cokelat atau cokelat kehitaman.

Namun ada juga madu yang berwarna putih. Warna madu yang berbeda-beda menunjukkan berbagai kandungan dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Banyak sekali madu yang telah dijual bebas di pasaran. Sebagai konsumen kita harus jeli dalam memilih jenis madu yang akan dibeli agar dapat menikmati berbagai manfaat dari madu. Madu yang asli berwarna hitam biasanya mempunyai harga yang lebih mahal.

Warna hitam pada madu menunjukkan lamanya penyimpanan madu tersebut. Semakin gelap warna madu maka semakin tinggi juga kandungan mineral dalam madu. Selain membuat warna madu menjadi lebih gelap,semakin lama madu disimpan maka akan semakin bagus kualitas dari madu tersebut. Kandungan mineral pada madu bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan mineral bagi tubuh.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *